Seputar Cuci Darah yang Harus Diketahui

Salah satu masalah kesehatan yang tidak kalah menakutkan dari jenis penyakit lainnya adalah cuci darah. Karena, orang yang sudah menjalankan cuci darah maka dirinya harus rajin cuci darah. Apa cuci darah itu? Cuci darah adalah proses pembersihan darah dari zat-zat sampah melalui proses penyaringan yang dilakukan dari luar tubuh. Yang membuat orang harus menjalankan cuci darah salah satunya dikarenakan mengalami gagal ginjal. Ginjal termasuk organ tubuh yang tidak kalah pentingnya dari organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, saat mengalami gagal ginjal maka bukan tidak mungkin akan membuat organ tubuh lainnya bermasalah. Ini dikarenakan organ satu ini berfungsi sebagai pembersih darah di dalam tubuh. Setelah Anda menjalankan cucu darah, tidak dianjurkan bekerja berat. Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi informasi mengenai cuci darah, berikut ini seputar cuci darah yang harus diketahui.

Apa pentingnya melakukan cuci darah?

Pertama-tama yang harus Anda ketahui mengenai masalah satu ini yaitu apa pentingnya melakukan cuci darah. Tentunya sangat penting bagi Anda yang mengalami gagal ginjal untuk melakukan cuci darah. Ini dikarenakan ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pembersih darah di dalam tubuh. Yang harus Anda ketahui, cuci darah membantu menggantikan fungsi ginjal agar tubuh tetap memiliki keseimbangan fungsi. Jika ginjal sudah tidak dapat berfungsi dengan baik dan tidak cepat dilakukan cuci darah, tentunya ini sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Ada beberapa kondisi tertentu yang membuat Anda harus menjalankan proses cuci darah secara medis, diantaranya:

  1. Kondisi pH darah yang sangat rendah dan tidak dapat untuk dinaikan lagi menggunakan obat-obatan .
  2. Terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Penumpukan cairan ini terjadi pada paru-paru sehingga membuat pasien menjadi sesak nafas yang sangat hebat
  3. Tingkat urin yang lebih besar
  4. Saat kondisi keracunan. Ini dilakukan cuci darah untuk membantu menurunkan tingkat keracunan.

Bagaimana Prosedur cuci darah

Cuci darah merupakan proses yang dilakukan dengan cara penyaringan darah yang dilakukan menggunakan mesin. Jadi, proses ini tidak bisa dilakukan sendiri di rumah karena membutuhkan alat khusus yang ada di rumah sakit. Jika tidak menggunakan mesin khusus cuci darah atau disebut dialisis, bisa-bisa membuat apa yang ada di dalam organ tubuh ini menjadi racun. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin cuci darah Anda harus mengujungi rumah sakit yang menyedikan mesin pencuci darah ini. Adapun prosedur cuci darah adalah mendatangi rumah sakit terlebih dahulu khususnya yang menyediakan mesin cuci darah. Cuci darah bisa berlangsung 3 hingga 5 jam. Sebelum dilakukan cuci darah, berat badan Anda akan ditimbang terlebih dahulu untuk mengetahui berapa banyak cairan yang dapat diambil dari darah Anda.

Apa saja efek samping dari cuci darah?

Informasi yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui seputar cuci darah adalah masalah efek samping. Untuk masalah satu ini harus Anda ketahui agar nantinya tidak membuat Anda atau keluarga menjadi terkejut. Berikut ini ada beberapa efek samping cuci darah secara umum:

  1. Kelelahan
  2. Kondisi fisik jadi lemah
  3. Tekanan darah jadi rendah
  4. Gatal pada kulit

Demikianlah informasi seputar cuci darah yang harus Anda ketahui. Untuk mencegah Anda agar tidak sampai menjalankan cuci darah, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Panduan Memilih Rumah Sakit yang Tepat 2017